Beranda > Inteligensia Buatan > Algoritma Permainan Batu, Kertas, Gunting (Suit)

Algoritma Permainan Batu, Kertas, Gunting (Suit)

Beberapa hari terakhir, saya kepikiran buat mengembangkan sebuah permainan, berdasarkan permainan klasik batu, kertas, gunting. Belum selesai sih, dan memang tidak sesederhana batu kertas gunting biasa. Hehe.. Ditunggu saja. Semoga, sebelum KP selesai, bisa saya jalankan. Amin.

Sebenarnya, kalau dua pihak memainkan permainan ini, dan satu pihak mengeluarkan pilihan secara random, maka hasilnya jelas tidak akan ada yang mana. Dalam rata-rata tentunya. Cukup sederhana membuktikannya. Silahkan dicoba.

Namun, ketika berbicara mengenai random ini, akan sangat sulit untuk seorang manusia membuat hal yang random. Semakin ingin merandom, makin kelihatan pula keteraturannya. Jadi, ada kemungkinan, komputer, dengan algoritma tertentu, bisa memenangkan pertempuran ini. Yakin ?

Lantas, apa algoritmanya ? Berikut saya rangkum dari berbagai sumber. Walaupun ada juga yang sudah kepikiran oleh saya, namun as usual selalu terlambat.

  1. Berdasarkan kemunculan batu, kertas, gunting.
    sederhana. Sangat sederhana. Cukup hitung kekerapan masing-masing bentuk, dan silahkan gunakan algoritma random di-extend agar bisa merepresentasikan perbandingan kemunculan mereka di data.
  2. Pencarian pola
    Andai, jika kita punya data pertandingan yang cukup besar, kita bisa mencocokan kejadian di pertandingan yang sedang kita hadapi, dengan data tersebut. Misal, 5 putaran terakhir. Lalu, cek di data base, dengan komposisi tersebut, paling sering muncul yang mana ? Ambil yang paling besar. Atau, bisa juga digabung dengan algoritma sebelumnya.

Itu yang tanpa memperhatikan segi psikologi, sosial, dan semacamnya. Ada trik-trik sederhana yang bisa digunakan untuk memenangkan pertandingan. Saya menemukan dua artikel yang menarik tentang hal tersebut :

  1. http://www.stat.columbia.edu/~cook/movabletype/archives/2007/05/how_to_win_at_r.html
  2. http://polymath.mit.edu/blog/on-the-ny-times-so-called-rock-paper-scissors-ai/

Keduanya dalam bahasa Inggris. Tapi, cukup mudah untuk dibaca.

Yang saya tangkap adalah, manusia itu sulit membuat sesuatu yang random. Makin mencoba, makin gampang ditebak. Misal, saya kutip dari dua link di atas :

  1. Mengeluarkan pilihan yang jarang diambil dalam beberapa waktu terakhir
  2. Tidak ingin mengulangi pilihan yang sama lebih dari 2 kali
  3. Jika kalah, seringkali mengganti pilihan. Dan sebaliknya, jika menang, diulangi terus.

Apa Anda merasa seperti itu ?

Berikut beberapa situs yang memiliki permainan Batu Kertas Gunting, dan bisa dimainkan serta ada statistiknya.

  1. http://www.nytimes.com/interactive/science/rock-paper-scissors.html
  2. http://www.essentially.net/rsp/index.jsp

Hmm, saya sedang mencari designer, yang free, huehue… ada yang berminat ? Untuk finishing game saya ini. Entah kapan.

  1. 6 April 2016 pukul 17:06

    Well, you’re purchasing the Saturday paper so formally you are acquiring coupons.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: